News Detail

NasDem Fokus Jadikan Gorontalo Lumbung Pangan Indonesia Timur

NasDem Fokus Jadikan Gorontalo Lumbung Pangan Indonesia Timur

  • 04 Juni 2020
  • 182
  • Fraksi NasDem
  • Rachmad Gobel
  • NasDem Gorontalo

GORONTALO (4 Juni): Wakil Ketua DPR RI dari Partai NasDem, Rachmad Gobel, bersama Partai NasDem terus melakukan inovasi untuk mewujudkan Gorontalo sebagai lumbung pangan di Indonesia Timur. Berbagai terobosan dilakukan untuk membantu petani meningkatkan produktivitasnya. Salah satunya petani jagung. NasDem mampu memberikan solusi yang bisa meningkatkan harga jual jagung para petani.

Pada Rabu (3/6), DPD NasDem Gorontalo Utara yang di Ketuai Roni Imran yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, bersama kelompok Petani NasDem melakukan panen perdana jagung di Desa Leboto Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara.

“Para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani NasDem sangat senang dengan hasil panen kali ini, karena hasil panen meningkat hingga 80-85 %. Ini berkat pendampingan dan dukungan dari Partai NasDem dan Rachmad Gobel mulai dari tahap persiapan, pemilihan bibit unggul, penanaman, pemupukan (perawatan), hingga panen,” ungkap Ketua Kelompok Tani NasDem Arman Hasan.

Pada bulan April 2020 harga jagung di Gorontalo masih berkisar di angka Rp2500/Kg– Rp2700/Kg. Namun berkat upaya yang dilakukan DPD NasDem Gorontalo Utara mencari koneksi ke luar negeri, saat ini harga pengambilan jagung kepada para petani menjadi 3.300/Kg.

“Ada sekitar 20 hektar lahan yang digarap kelompok Petani NasDem saat ini. Insya Allah ke depan akan lebih banyak lagi petani di Gorontalo Utara yang akan bergabung dengan Petani NasDem. Panen kali ini akan diekspor ke Philipina,” jelas Roni Imran.

Dia menyampaikan, hal itu berkat dukungan dan support Rachmad Gobel sehingga petani semakin optimistis mewujudkan Gorontalo sebagai lumbung pangan di Indonesia Timur.

Kelompok tani NasDem Gorontalo Utara yang tergabung dalam Koperasi Kesejahteraan Rakyat Gorontalo (KKRG) Gorut Maju juga mendapatkan pendampingan dari NSLIC (Kanada).

Di akhir bulan Juli nanti akan ada lagi panen jagung oleh Kelompok Tani NasDem yang berada di daerah tetangga yakni Kabupaten Gorontalo. Kelompok tani tersebut berada di bawah binaan DPD NasDem Kabupaten Gorontalo yang diketuai Rustam Akili. (Alfian/*)