News Detail

Pemerintah Diminta Anjurkan Warga Konsumsi Jamu Tradisional

Pemerintah Diminta Anjurkan Warga Konsumsi Jamu Tradisional

  • 13 Juli 2020
  • 59
  • Fraksi NasDem
  • Nurhadi

JAKARTA (13 Juli): Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai NasDem, Nurhadi mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menjadi pelopor dalam membangkitkan kekayaan Indonesia di tengah pandemi Covid-19 yaitu jamu tradisional. 

Pasalnya, Indonesia merupakan negeri yang memiliki ribuan tanaman yang berkhasiat obat sebagai bahan pembuatan jamu. Ia menyebutkan, jamu tradisional secara empiris dan penelitian ampuh dan berkhasiat. 

"Kenapa kita selalu terlena dengan pengobatan ala Barat," tanya Nurhadi saat mengikuti Rapat Kerja Komisi VIII DPR dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo di Senayan, Jakarta, Senin (13/7).

Legislator NasDem itu mengatakan, pemerintah dapat menganjurkan secara masif konsumsi jamu tradisional yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini, bisa mendapatkan efek ganda. 

"Pertama, tentu untuk meningkatkan imun tubuh dan kedua membangkitkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kita. Karena banyak sekali ibu yang menekuni profesi jamu gendong di Indonesia," kata Nurhadi. 

Legislator Dapil Jawa Timur VI ini mengatakan, jika hal tersebut dapat dilakukan pemerintah ia yakin ekonomi di tingkat paling bawah juga akan bergerak. 

"Tentu ini akan semakin meringankan pemerintah di segala tingkat, baik di tingkat daerah maupun di tingkat Pusat," pungkas Nurhadi.(HH/*)