Foto Detail

Martin Kirim Lagi APD untuk Tenaga Medis di Toba

  • 15 Mei 2020
  • 15

BALIGE (15 Mei): Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung kembali mengirimkan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (14/5).

Bantuan ini merupakan hasil dari usulan Martin yang disampaikan kepada BUMN, yang wilayah kerjanya ada di Sumut. Yaitu Inalum, PTPN III, Hutama Karya, Pelindo 1 dan Perum LPPNPI (AirNav Indonesia).

"Ada lima BUMN yang mendukung usulan tersebut dan berpartisipasi untuk menyalurkan dana program Bina Lingkungannnya berupa bantuan APD ini," kata Legislator NasDem tersebut.

Bantuan disalurkan di dua rumah sakit di Toba, yaitu Rumah Sakit Daerah (RSUD) Porsea dan RS HKBP Balige.

Di RSUD Porsea, bantuan diterima langsung Bupati Toba, Darwin Siagian dan jajaran rumah sakit. Sedangkan di RS HKBP Balige, bantuan diterima Direktur rumah sakit, Nelson Siburian.

Bantuan untuk kedua rumah sakit berupa 6 paket APD Set Lengkap, 70 paket APD Disposable, 2.000 masker medik dan 12 pasang sepatu medik.

Dalam sambutannya melalui aplikasi rapat virtual, Martin meminta para pimpinan di daerah, dari bupati sampai kepala desa, agar dapat menjadi teladan dalam penerapan protokol kesehatan terkait Covid-19.

“Penting sekali, pemimpin memberikan keteladanan dalam menghadapi Covid-19. Budaya masyarakat kita yang patron-client membutuhkan keteladanan pemimpin, karena rakyat akan meniru pemimpinnya. Dengan keteladanan, kita bisa menjadi akselerator perubahan sikap mental masyarakat dalam menyikapi dan menghadapi pandemi Covid-19,” ujar anggota DPR dari dapil Sumut II itu.

Bupati Toba, Darwin Siagian menyampaikan terima kasih kepada Martin atas bantuan tersebut.

“Tidak henti-hentinya Bapak Martin memperhatikan Toba ini. Terima kasih sekali,” ucapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Direktur RS HKBP Balige dr Nelson Siburian. Ia mengaku sangat tertolong atas bantuan tersebut.

“Semoga dengan bantuan ini para tenaga medis semakin termotivasi untuk menangani pandemi ini,” pungkasnya.(*)