Foto Detail

Tugas Berat Bhabinkamtibmas Awasi Pemudik

  • 15 Mei 2020
  • 23

SUKOHARJO (15 Mei): Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem, Eva Yuliana mengagendakan untuk menjalin komunikasi langsung dengan para petugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di wilayah hukum Polres Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, dalam lanjutan kunjungan kerjanya ke Sukoharjo, Kamis (14/5).

Menurut Eva, anggota Bhabinkamtibmas saat ini merupakan ujung tombak pencegahan penyebaran Covid 19. 

"Para anggota Bhabinkamtibmas inilah yang memberikan pelayanan terdepan dalam menciptakan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban masyarakat selama masa wabah seperti sekarang ini," ujarnya. 

Legislator NasDem itu mengatakan, di setiap desa yang menjadi tempat kerja masing-masing, anggota Bhabinkamtibmas mesti mampu menciptakan sinergitas komunikasi dan koordinasi dengan seluruh komponen masyarakat desa.

“Tugas terberat bagi para anggota Babinkamtibas saat ini adalah melakukan pengawasan ketat terhadap kemungkinan gelombang mudik menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. Meski larangan mudik telah diberlakukan, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kemungkinan kedatangan pemudik ke desa asal tetap menjadi sebuah keniscayaan," katanya. 

Pasalnya, lanjut Srikandi NasDem itu, bagaimana pun aktivitas mudik telah menjadi sebuah tradisi tahunan bagi masyarakat Indonesia umumnya, dan khususnya bagi masyarakat Sukoharjo dalam konteks ini. Belum lagi, terkait kemungkinan peningkatan mobilitas penduduk dari satu tempat ke tempat lain menjelang dan selama perayaan Hari Raya Idul Fitri nanti. 

Meski diperintahkan untuk melakukan pengawasan ketat, Eva berpesan kepada para anggota Bhabinkamtibmas untuk tetap mengedepankan cara-cara pendekatan preemtif dan prefentif.

"Terutama, saat menerapkan protokol pencegahan Covid-19 bagi para pemudik. Pendataan awal, karantina mandiri, kemungkinan rapid test, dan tugas-tugas terkait penanganan Covid lainnya. Dengan melibatkan sinergi antarkomponen masyarakat desa, saya optimistis semuanya akan berjalan dengan baik dan lancar," kata anggota Komisi III DPR RI itu.

Waki rakyat dari daerah pemilihan Jawa Tengah (Jateng) V itu mengatakan, untuk membekali standar pelayanan dan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, ia memberikan bantuan sebanyak 150 unit alat pelindung diri (APD) untuk para petugas Bhabinkamtibmas. Satu paket APD terdiri antara lain sejumlah masker, kaos tangan kesehatan, hand sanitizer, baju medis, dan lain-lain. 

"Saya berharap, bantuan APD yang diberikan bisa terus meningkatkan kerja para anggota Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat di masa bencana nasional saat ini," pungkas Eva Yuliana.(HH/*)