News Detail

Penyusunan Bacaleg NasDem Majalengka Beres

Penyusunan Bacaleg NasDem Majalengka Beres

  • 04 Juni 2018
  • 19
  • NasDem Majalengka

MAJALENGKA, (5 Juni): Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Kabupaten Majalengka, Jawa Barat menggelar Rapat Pleno Penyusunan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Majalengka Periode 2019-2024 di Sekretariat NasDem Majalengka Jalan Suma No. 45, Minggu, (3/6). 


Rapat pleno dihadiri seluruh Pengurus NasDem Kabupaten Majalengka, Komando Pemenangan Daerah (Kompemda) NasDem Jawa Barat, Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) 26 Kecamatan, Pengurus Ranting, Komisi Saksi, dan seluruh Bacaleg DPRD Kabupaten dari setiap Daerah Pemilihan.

 

Ketua DPD NasDem Kabupaten Majalengka, Wawan Darmawan, S.Pd menyampaikan perkembangan penyusunan Daftar Caleg Sementara (DCS). Ia juga menegaskan pentingnya pengamalan praktik politik tanpa mahar yang menjadi 'ruh' dari perjuangan Partai NasDem.

 

“Seperti tertera dalam Bab II, tentang Politik Tanpa Mahar, disebutkan dalam ayat satu bahwa seluruh tahapan rekrutmen, penyusunan dan pendaftaran calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota dilakukan tanpa mahar politik,” tegasnya.

 

Pria yang kerap disapa Wawan ini menerangkan bahwa semua calon legislatif mempunyai hak untuk mendapatkan semua informasi terkait pencalonan termasuk mendapatkan pembekalan dari Partai NasDem dan mendapatkan akses terhadap struktur dan perangkat Partai NasDem.

 

Tidak kalah pentingnya, mantan aktivis ‘98 ini juga mengajak kepada semua kader NasDem dan para Bacaleg untuk senantiasa menjaga kekompakkan, merapatkan barisan dan menjadikan Rapat Pleno sebagai pijakan awal untuk menguatkan tekad dalam mengejar target lima kursi legislatif daerah.

 

“Tidak ada waktu lagi untuk berleha-leha dan bermimpi mendapatkan simpati dukungan rakyat tanpa kerja keras yang sistematis,” terangnya.

 

Ia juga menegaskan pihaknya terus berupaya meyakinkan masyarakat bahwa gagasan Politik Tanpa Mahar yang dicetuskan Partai NasDem merupakan pondasi penting untuk mengubah kultur politik Indonesia yang serba fragmatis menjadi lebih beradab dan bersih.

 

“Kader-kader NasDem harus mampu merebut hati dan simpati masyarakat Majalengka, bahwa NasDem adalah partai pilihan untuk memperjuangkan aspirasi rakyat,” katanya.

 

Lulusan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung ini juga menambahkan dengan Politik Tanpa Mahar, NasDem Kabupaten Majalengka khususnya sama sekali tidak meminta adanya setoran uang pendaftaran apalagi jual beli no urut.

 

“Semua penilaian dilakukan secara profesional di bawah ranah kewenangan pengurus Bappilu dan pengurus harian DPD yang kemudian diajukan lewat mekanisme Rapat Pleno,” tambahnya.

 

Menurutnya seluruh mekanisme tersebut membuat Partai NasDem semakin solid dan patuh terhadap peraturan organisasi internal partai.

 

“Dan semua yang memutuskan keputusan final sebagai DCT dan no urut adalah kewenangan pengurus DPP, khususnya Ketua Umum,” pungkasnya.

 

Acara Rapat Pleno dilanjutkan dengan penandatanganan hasil rapat dan diakhiri dengan kegiatan buka puasa bersama.(*)


FOTO SELENGKAPNYA :  Penyusunan Bacaleg NasDem Majalengka Beres