News Detail

NasDem Bali Luncurkan Gagasan Saksi Semesta

NasDem Bali Luncurkan Gagasan Saksi Semesta

  • 19 Juni 2018
  • 2
  • Saksi Semesta
  • NasDem Bali
  • Ida Bagus Oka Gunastawa

DENPASAR, (20 Juni): Menyongsong pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2018 yang tinggal hitungan hari lagi, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Provinsi Bali meluncurkan gagasan terbarunya yakni Saksi Semesta untuk mengawal jalannya Pilkada secara jujur, adil dan transparan.


Ketua DPW NasDem Provinsi Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa menerangkan bahwa Saksi Semesta merupakan sebuah gerakan yang mengajak kepada seluruh elemen masyarakat khususnya yang ada di Provinsi Bali untuk dapat turut serta mengawal jalannya proses Pilkada sehingga dapat berjalan sebagaimana mestinya dan jauh dari kecurangan.


“Sebesar-besarnya melibatkan seluruh elemen lapisan masyarakat, pemilih, penyelenggara termasuk kandidat untuk tidak hanya menjalankan haknya untuk melaksanakan pemilihan melalui pencoblosan tapi yang bersangkutan juga memiliki kewajiban untuk mengawal suara itu sampai penghitungan terakhir dan penetapan lain sebagainya,” jelasnya.


Oka mengatakan bahwa Saksi Semesta diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dan jalan keluar dari maraknya tindak kecurangan yang selama ini kerap terjadi dari balik dinding tempat pemungutan suara (TPS).


“Kita melihat selama bertahun-tahun dari periode ke periode kenyang dengan kecurangan dan manipulasi, bahkan justifikasi pemenang yang sebenarnya tidak layak,” ujarnya, Rabu (20/6).


Barisan Rakyat Saksi Semesta (Barasita) menurut Oka diajak untuk ikut serta mengawasi jalannya pesta demokrasi 5 tahunan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi smartphone.


Saksi Semesta dapat melakukan reportase kegiatan pemungutan dan penghitungan suara saat Pilkada serentak 27 Juni mendatang dengan mengunggah foto atau video kegiatan bahkan melalui live di media sosial.


“Masyarakat juga berhak sejauh mana suara mereka terkawal dalam proses penghitungan,” kata Oka.


Lebih jauh Oka mengharapkan pihak penyelenggara juga dapat memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengikuti jalannya prosesi pemilihan nanti secara lengkap dari awal hingga selesai terutama pada saat penghitungan suara.


“Kalau tidak ada seperti ini maka kecurangan akan berlangsung secara masif dan menghasilkan kepalsuan, dan yang lebih fatal lagi kita menghasilkan pemimpin yang sebenarnya tidak legitimate,” ujarnya.


Dengan menggunakan hashtag #medsosutk_kebenaran lanjut Oka, masyarakat dapat menjadi saksi yang mendirikan kebenaran. Oka mengilustrasikan saat pemilih sedang menunggu panggilan mencoblos juga sudah bisa mulai aktif melakukan reportase mengabarkan kepada masyarakat luas jika terjadi sesuatu.


“Kami menghimbau, mengajak, menyarankan, menginstruksikan terutama dan khususnya kader NasDem untuk mengambil posisi live mendokumentasikan dari seluruh proses penghitungan,” katanya.


Dengan turut sertanya masyarakat menjadi Saksi Semesta segala bentuk rekayasa dan indikasi kecurangan bisa terlihat dengan cepat dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga seluruh gerakan tubuh yang mencurigakan dan angka-angka bisa dilihat oleh seluruh masyarakat Bali hingga dunia.


“Kita berharap apapun hasilnya kita sudah berani katakan mendekati kemurnian yang kita maksudkan,” katanya.


Rencanya Barisan Rakyat Saksi Semesta akan dideklarasikan kepada masyarakat luas pada tanggal 21 Juni besok.

FOTO SELENGKAPNYA : NasDem Bali Luncurkan Gagasan Saksi Semesta