News Detail

NasDem Jabar Sebar 130.000 Saksi

NasDem Jabar Sebar 130.000 Saksi

  • 28 Januari 2019
  • 1392
  • NasDem Kabupaten Bogor
  • Saan Mustopa
  • Sondang Tampubolon
  • Calon Legislatif

BOGOR (28 Januari): Partai NasDem Jawa Barat menggelar pelatihan saksi Tempat Pemungutan Suara (TPS) melalui Training Of Trainer (TOT) Saksi NasDem se-Bogor. Acara berlangsung di Posko Relawan Partai NasDem dan Pemenangan Sondang, Desa Sanja, Kecamatan Citereup, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/1).

 

ToT Saksi yang diinisiasi caleg NasDem Sondang Tampubolon itu merupakan rangkaian acara Partai NasDem Jabar untuk menyiapkan saksi berkualitas.


Ketua Komisi Saksi NasDem Jabar, Hendi Sutresna, mengatakan, saksi merupakan ujung tombak partai sehingga harus dipersiapkan sejak jauh hari. Tujuannya, agar mereka bisa menginventarisasi dan leluasa dalam bekerja karena selain mengamankan suara, para saksi juga bertugas sebagai mentor di tiap kelurahan atau desa. 


Untuk Jabar, Partai NasDem menyiapkan sekitar 130.000 saksi yang tersebar di 27 kota/kabupaten. Dari jumlah tersebut, 75% di antaranya sudah mengikuti TOT. 


Di Pemilu 2019, Partai NasDem menargetkan semua daerah pemilihan (Dapil) di tiap tingkatan mampu meloloskan minimal dua wakilnya ke parlemen.


“Saksi yang kita latih dengan TOT nantinya akan disebar ke semua TPS hingga yang lokasinya di pelosok atau wilayah pinggiran. Di tangan para saksi suara partai bisa diamankan. Makanya kami komitmen menghadirkan saksi berkualitas lewat pelatihan ini,” terangnya.

Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Partai NasDem daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Bogor, Sondang Tampubolon mengatakan, selain pelatihan saksi, para relawan dan tim sukses diinstruksikan untuk bergerak. Sebab, pelaksanaan Pemilu 2019 tinggal sekitar dua bulan lagi.


“Kami juga menyerahkan kendaraan operasional untuk para relawan bergerak dan sosialisasi di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Sondang juga menjelaskan, pemberian kendaraan operasional tersebut merupakan bukti kepercayaan kepada para relawannya. Kepercayaan itu, tambah Sondang, tidak sekadar lisan atau tulisan tetapi kepercayaan dibangun atas tindakan nyata dengan perbuatan yang saling menguatkan.


"Dibangun bersama. Mustahil kepercayaan tumbuh dan berkembang jika di antara kedua pihak tidak saling meyakinkan," kata Sondang.  

Perekrutan saksi, tambah Sondang lagi, sebetulnya sebagai salah satu upaya untuk memperoleh kepercayaan masyarakat bahwa NasDem dan calegnya layak dipercaya untuk nantinya mendatangkan kemaslahatan masyarakat melalui peraturan dan perundangan yang akan dibuat.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa yang hadir dalam acara itu menjelaskan, politik itu dibangun berdasarkan saling percaya dan bertujuan untuk kemanusiaan. 

Seusai mengikuti acara, Saan yang juga caleg DPR RI NasDem dari daerah pemilihan Jawa Barat VII nomor urut 1 itu menyempatkan diri bertandang ke pasar tumpah di depan lokasi acara dan membeli dukuh.(*)