News Detail

Sulaeman Beri Perhatian Masa Depan Nelayan Merauke

Sulaeman Beri Perhatian Masa Depan Nelayan Merauke

  • 15 Maret 2019
  • 1977
  • NasDem Papua
  • Sulaeman L Hamzah
  • Calon Legislatif


MERAUKE (15 Maret): Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem, H Sulaeman L Hamzah memiliki prinsip bahwa nelayan lokal harus terus mendapatkan perhatian dari pemerintah baik dalam hal produksi, perlindungan dan masa depan para nelayan.


Hal tersebut disampaikan Legislator NasDem asal Papua ini dalam kunjungan kerjanya di Kantor Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Merauke, Papua, beberapa waktu lalu.  


Menurut Sulaeman segenap potensi para nelayan harus terakomodasi dengan baik agar mendapat perhatian dan porsi yang adil dengan wilayah lain.


Oleh sebab itu caleg petahana DPR RI Partai NasDem Dapil Papua nomor urut 1 ini menyosialisasikan UU No 7 Tahun 2016 untuk pertama kalinya di Kabupaten Merauke. Sulaeman berharap ketetapan tersebut dapat diterapkan secara efektif oleh masyarakat wilayah Papua khususnya di Kabupaten Merauke.


“Sayangnya masih ada sesuatu yang memang belum kita rasakan secara keseluruhan di wilayah perairan Papua,” katanya.

Akan tetapi Koordinator Pemenangan NasDem Wilayah Papua ini melihat potensi ikan yang ada di Merauke sangat besar dan Merauke mencetak sejarah dengan peningkatan hasil mencapai angka 300%.


“Sebab produksi ikan yang meningkat itu ada pada nelayan level menengah yang sudah menggunakan armada tangkap yang baik sehingga tercatat sebagai peningkatan produksi sejak 2015 sampai sekarang dengan angka 300%,” katanya.

Oleh sebab itu pihaknya menaruh perhatian dan prioritas kerja untuk memfasilitasi dan menjalin komunikasi dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan sehingga porsi nelayan lokal dapat lebih diakomodasi.


Sulaeman menjelaskan,  dalam UU No 7 Tahun 2016 memuat tentang asuransi nelayan yang harus didapatkan nelayan termasuk dengan fasilitas tangkap mereka.


“Para nelayan lokal  sebenarnya menjadi perhatian khusus kami dimana alat tangkap yang digunakan sangat sederhana namun mampu menghidupi keluarga,” pungkasnya.(*)