News Detail

NasDem Hargai Klaim Kemenangan Prabowo

NasDem Hargai Klaim Kemenangan Prabowo

  • 18 April 2019
  • 2405
  • DPP NasDem
  • Surya Paloh



JAKARTA (18 April): Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tak mau mempermasalahkan klaim Prabowo Subianto yang memenangkan Pilpres 2019. Surya menilai siapa pun berhak melakukan pembenaran atas klaim masing-masing pihak.


"Siapa saja kan bisa klaim kalah, klaim menang. Klaim menang pun kita hargai, klaim kalah kita hargai, karena perspektif yang berbeda pasti," kata Surya di Restoran Pelataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (18/4).

Menurut Surya, situasi yang terjadi saat ini hanya persoalan perbedaan persepsi antara dua kubu yang berkontestasi. Sudah tentu, perbedaan persepsi ini tak bisa dipaksakan untuk menyatu.


"Engga mungkin dipertemukan antara yang menang dan kalah, antara yang punya semangat dan yang lesu , berbeda itu," kata Surya. 

Berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei, capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin memenangkan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 dengan  sekitar 55% dan Prabowo-Sandi 45%. 


Namun kubu Prabowo enggan mengakui hasil hitung cepat yang disiarkan sejumlah media nasional. Dia mengklaim pihaknya sebagai pemenang Pilpres 2019 berdasarkan penghitungan internal jajarannya. Relawan pun diminta mengawal suara di daerah.


Namun, Ketua KPU Arief Budiman menegaskan hasil hitung cepat hanya bisa dijadikan sebuah referensi. KPU akan mengumumkan resmi hasil perhitungan suara yang sah pada 22 Mei 2019.(*)