News Detail

Tumbuh Kembang Anak Jadi Sorotan NasDem di Komisi VIII DPR RI

Tumbuh Kembang Anak Jadi Sorotan NasDem di Komisi VIII DPR RI

  • 14 November 2019
  • 137
  • Fraksi NasDem
  • Nurhadi


JAKARTA (14 November): Tumbuh kembang anak menjadi sorotan anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi NasDem Nurhadi, antara lain soal penggunaan gawai (gadget) bagi anak-anak. 


Nurhadi berpendapat bahwa ke depan, keberadaan benda (gawai) ini akan mempengaruhi tumbuh kembang.


Dalam hal ini, "kami ingin menanyakan lebih konkret bagaimana langkah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan (KPPPA) untuk membatasi pemakaian gawai di kalangan anak-anak?"


"Apakah, hanya sebatas wacana atau bisa direalisasikan dengan melibatkan Kementerian Kominfo dan kementerian lainnya?” ungkap Nurhadi dalam rapat kerja dengan Kementerian PPPA yang berlangsung di Ruang Rapat Komisi VIII DPR RI, Gedung Nusantara II lantai 1, Rabu (13/11).

Anggota DPR RI dari Dapil VI Jawa Timur itu juga menguraikan bahwa sosialisasi penggunaan gawai bukan hanya tugas menteri PPPA, melainkan juga kementerian lain dan bisa dikoordinasikan dengan Kementerian Kominfo.


Lelaki yang selalu mengenakan ikat kepala itu juga mengutarakan bahwa Kementerian PPPA juga harus melakukan koordinasi lintas kementerian dan lembaga lain, terutama terkait dengan adanya aksi bullying di lingkungan anak-anak.


"Dalam waktu dekat juga harus dipastikan bahwa Ibu (Menteri PPPA) melakukan koordinasi dengan kementerian terkait misalnya Kemendikbud terkait dengan fenomena bullying terhadap anak dan angka partisipasi pendidikan perempuan,” imbuhnya.

Nurhadi juga meminta Kementerian PPPA berkoordinasi dengan Kementerian Sosial terkait dengan koordinasi program-program perlindungan terhadap anak. 


Politisi Partai NasDem itu juga meminta agar Kementerian PPPA berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan berkenaan perlunya fasilitas transportasi yang ramah terhadap anak dan perempuan.(*)