News Detail

NasDem Buka Peluang Gubernur Ikut Konvensi Capres 2024

NasDem Buka Peluang Gubernur Ikut Konvensi Capres 2024

  • 14 November 2019
  • 164
  • DPP NasDem
  • Willy Aditya


JAKARTA (14 November): Ketua DPP Partai NasDem Zulfan Lindan menyebutkan empat gubernur mempunyai potensi besar menjadi calon presiden (capres) 2024. 


"Keempatnya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah  Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Gubernur-gubernur itu layak diperhitungkan,” ujarnya di Jakarta, Minggu (10/11).


Di waktu yang berbeda, Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) Willy Aditya mengatakan Partai NasDem tidak menutup kemungkinan adanya calon lain.


"Semua memiliki kesempatan yang sama, nantinya semua yang memilih dan menentukan akan kami tentukan mekanismenya," ujar Willy.

Menurut Willy, Partai NasDem akan mengirim tim Bappilu untuk belajar mekanisme perihal penjaringan bakal calon presiden 2024.


"Tahun depan kami akan mengirim tim Bappilu NasDem ke Amerika Serikat untuk belajar tentang  konvensi, kami siap adaptasikan dalam konteks Indonesia," jelas Willy.

Lesgislator NasDem ini menegaskan dalam perhelatan pemilihan nanti Partai NasDem tetep berkomitmen untuk mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan partai.


"Terpenting bagi NasDem adalah bagaimana calon nanti dapat memajukan Indonesia, Komitmen dia berkompetisi dalam semangat yang harmoni. Nah, itu yang perlu kami apresiasi," tambahnya.

Meski demikian, Ketua Umum NasDem Surya Paloh meredam spekulasi mengenai nama-nama yang dikabarkan bakal diusung partainya pada Pilpres 2024. 


“Kalau ada yang mengatakan, ah ini berpihak untuk Bung Anies, salah itu. Berpihak kepada Ridwan Kamil, salah juga itu. Khofifah, belum tentu. Kader NasDem belum tentu juga. Jadi siapa, kita cari bersama,” kata Paloh dalam sambutannya pada HUT ke-8 di JI Expo Kemayoran, Jakarta (11/11).(*)